..:: YA ALLAH ::.. " AKU MOHON KEPADAMU AKAN KECINTAANMU, KECINTAAN ORANG YG MENCINTAIMU, DAN CINTA KEPADA AMAL YG MENDEKATKAN KEPADA KECINTAANMU

Untuk mencari data ke seluruh internet lakukan dibawah ini.

DONASI

Dukung blog ini dengan donasi anda. jika anda merasa blog ini bermanfaat, anda bisa memberikan kontribusi ke ICT WATCH BY= KING ALIBABA via BANK BRI SYARIAH A/N MOHD MUKTI SYAHALI NO.REK= 1004365662 ATAU WESTERN UNION ATAU KLIK IKLAN DIBAWAH INI ATAU IKUT JOIN&BERGABUNG DI http://www.kingalimasterkaya.tk KARENA ANDA AKAN DAPAT WEBSITE GRATIS&PULUHAN E-BOOK&SOFTWARE&HAK USAHA&KOMISI 100%,BUKAN MLM,YG TUJUANNYA DAPAT MEMBAWA BAROKAH ILMU&HARTA&TAHTA UNTUK ANDA

MAU MAEN GAME ONLINE GRATIS KLIK DIGAMBAR

TOKO ONLINE

..:: ICT WATCH KING ALI BABA ::.. " KASIH DAN SAYANG SECERAH CAHAYA,Andai hati sebening kaca, pastilah jiwa tiada ternoda.....andai sikap selembut sutra,santun kata tiada terluka.....,andai mulut berkata mulia, tiada hati yg terluka... namun tiada yg sempurna.... Minal Aidin Wal faizin. mohon maaf lahir & batin.... SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN & SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI SEMOGA KEMBALI KE FITRAH,AMIN!

OFFICIAL PARTNER TIKET.COM

Thursday, February 23, 2012

Surga, Kumis dan Fenomena Jejaring Sosial Berbasis Interest

Ada 15 juta pengguna di seluruh dunia dengan 250 juta foto yang sudah diunggah sampai saat ini. 1,5 juta foto diunggah setiap harinya atau 15 foto per 10 detik dimana hanya 20 persen yang ditampilkan sebagaimana adanya. Semua terjadi dalam waktu 18 bulan.

Ya, Anda benar! Inilah Instagram, jejaring sosial berbasis foto yang diluncurkan Oktober dua tahun silam dan digawangi oleh 10 pegawai (saja).

Hampir serupa dengan Instagram, Pinterest -- yang ditengarai sebagai salah satu start-up 'terpanas' tahun lalu -- juga mencatat rekor mengagumkan.

12 juta pengunjung unik setiap bulannya dengan 9 juta di antaranya berasal dari Facebook, 11 juta pengguna terdaftar, jejaring sosial dengan 16 staf ini berhasil memperoleh user traction dan user engagement lebih cepat dan lebih aktif dibandingkan jejaring sosial mainstream.

Basis pertemanan menjadi fokus jejaring sosial selama lebih dari satu dasawarsa. Friendster, Multiply, dan Facebook seakan menjadi 'landmark' yang membuat kita mendaftarkan diri dan menambahkan orang yang sudah kita kenal sebelumnya (teman, sahabat, rekan kerja, sanak saudara, mitra bisnis), yang baru kita kenal ataupun yang belum kita kenal sama sekali.

LinkedIn lebih tepat dikategorikan sebagai jejaring profesional (professional network) ketimbang sebagai jejaring sosial. Sementara Twitter diciptakan oleh Jack Dorsey dan Biz Stone sebagai jejaring sosial berbasis informasi (network of information) untuk membicarakan topik tertentu secara real-time yang ditandai dengan hashtag atau yang lebih dikenal sebagai tagar.

Dari sekitar 200 juta pengguna saat ini, yang konsisten menggunakannya sebagai media berbagi informasi diperkirakan sebesar 30 persen sementara sisanya memanfaatkannya untuk aktivitas ngobrol, menangani feedback dari pelanggan, curhat serta berbagai aktivitas lainnya.

Mayoritas isi tweet yang ditulis oleh para tweeps adalah teks dan topik yang dibahas pun beraneka ragam. Bisa jadi karena jenuh dengan jejaring sosial yang sudah ada, para pengguna menginginkan adanya jejaring sosial yang berbeda, dengan pendekatan yang berbeda, lebih spesifik (tidak umum), maupun membahas topik yang sangat khusus (niche).

Trend pendekatan yang digunakan juga mulai berubah dari basis pertemanan menjadi basis content dan interest. Siapa yang memiliki content yang lebih menarik akan memiliki banyak follower dan sebaliknya.

Kategori menarik mungkin akan berbeda -- beda bagi tiap pengguna. Atau pengguna akan cenderung mengikuti pengguna lain yang memiliki interest sejenis.

Kedua faktor ini tentunya mengabaikan public figure yang di media konvensional pun memiliki daya tarik tersendiri dan khusus untuk diikuti. Tanpa melakukan aktivitas apapun (following, menulis content) mereka sudah memiliki ratusan ribu bahkan jutaan follower.



Sedikit kilas balik, sebenarnya sudah cukup banyak jejaring sosial berbasis interest yang lahir. Mulai dari jejaring sosial bagi penggemar kerajinan, musik, pecinta satwa peliharaan sampai penggemar aktivitas berkebun, bahkan bagi yang ingin saling berbagi mimpi (pernahkah Anda mendengar tentang MatchADream?).

Yang sangat spesifik, sekadar menyebutkan beberapa contoh, adalah MyFreeImplants (berkaitan dengan operasi plastik), Line for Heaven (untuk yang ingin masuk surga. Siapa yang tidak?), Respectance (mengenang yang sudah berpulang), StachePassions (penggemar kumis dan janggut), VampireFreaks (penggemar gothic).

Mengapa mereka 'tidak terlalu' terdengar? Tanpa bermaksud memudahkan permasalahan, interest yang terlalu spesifik, terlalu 'sempit', merupakan salah satu faktor utama. Jumlah pengguna sedikit banyak menjadi terbatas.

Sampai dengan saat ini di antara jejaring sosial yang disebutkan pada paragraf sebelumnya, anggota terbanyak dimiliki oleh VampireFreaks dengan 3 juta pengguna.

Situs pertemanan raksasa Facebook, akan terus mendominasi ranah jejaring sosial. Walaupun pertumbuhannya cenderung melambat beberapa waktu terakhir, namun sebagai makhluk sosial kita tetap membutuhkan teman ('no man is an island'), 800 juta penggunanya akan terus bertambah.

Saat internet hadir untuk konsumsi publik, forum, mailing list dan chat room sudah digunakan untuk mengakomodasi hubungan pertemanan maupun interest tertentu. Jadi jejaring sosial yang ada sekarang bisa dikatakan sebagai media yang serupa tapi tidak sama. Serupa karena esensi keberadaannya sama (social relationship dan common interest), tidak sama karena setiap media memiliki karakteristik tersendiri.

Selamat menikmati gegap gempitanya jejaring sosial. Selamat datang era baru jejaring sosial berbasis interest.

No comments:

Blogroll

Adeshendra | Adieska | Alex | Andaka | Andrisaick19 | Angga | Arema | Arhan | Ariwolu | Artha | Audy | Badoer | Blog.Zalukhu.biz | Blogger Sumut | Blogguebo | Bocah Iseng | Chodirin | Cosaaranda | Curhat Bebas | DanielGM | Danu | Dhinata | Dobelden | Ekonurhuda | Enggar | Fajarqimi | Fenny | Ferry | Firanza | Gloria | Gnupi | Hakimtea | Harianus Zebua | Heddy | HendraDP | Iam | Ick | Ika Koolsonic | Iklan Baris Gratis | Indo Trans | Ipanks | Izandi | Janey | Jimmysun | Kipas | Lspart | Malapu | Manggis | Manggoaddict | Manik | Marlop | Mascayo | Masenchipz | Mujizas | MyMoen | Nich | Novee | Nugraha | Nurfajri | Nuqiah | O-om | Okta Sihotang | Otak Kabel | Putra Eka | Pencuri Kode | Persikers | Realy Life | Rebecka | Rhasputin | Ridho | Ronggo | Rubenmanik | Rudyahud | Starwrite | Sumintar | Supermance | Tetetzet | The Gands | Tipis | Tony Jauhari | Windra | Yopan | Yudiworld | Zalukhu.Biz | Zona Merah | A-Ri | Budi Herprasetyo | Imoe | RudyTarigan | Blogywalkie | Ilhamcool | Ana SMS | Nurwita | Kang Nawar | Ndeso | Sudarma | Wibi | Detailzsoft | Alibaba | Manan Tarigan | Thom | Septian | -sLiKeRs- | Qisthon | ugiQ | Hangga Nuarta | Anak Nias | BlognyaOpa | IndoContest | Alam Pintar | AngIn | Sahabat Bumi | Deta Desvi | Kopitozie | Famdy | Indungg | Atokaja | Narmadi | Rozy | Fuadidaud | Kodil | M4s73r | NickoHadi | kibayusejati | FajarSeraya

Bagi yang ingin tukaran link di blogroll silahkan bilang aja yah... tapi maaf blogrollnya nofollow dan nama yang dicantumin adalah nama pemilik blog bukan frase berbau iklan (kecuali yang berbayar MATRE MODE ON hehehe)

Copyright Februari 2007 © ALIBABA Powered by BLOGSPOT
Theme: GREEN Ver. 2 by Cara bikin,Game hp,Download Thema Komputer,Seo Blog,Tutorial,penghasilan blog,Transformers,tema,hp,komputer,mp3,game java inspired by AL-QURAN,HADIST,JIBRIL,ALIBABA NETWORK,PESANTREN DIGITAL RAJAWALI TAUHID
Sponsored by BLOGSPOT