..:: YA ALLAH ::.. " AKU MOHON KEPADAMU AKAN KECINTAANMU, KECINTAAN ORANG YG MENCINTAIMU, DAN CINTA KEPADA AMAL YG MENDEKATKAN KEPADA KECINTAANMU

Untuk mencari data ke seluruh internet lakukan dibawah ini.

DONASI

Dukung blog ini dengan donasi anda. jika anda merasa blog ini bermanfaat, anda bisa memberikan kontribusi ke ICT WATCH BY= KING ALIBABA via BANK BRI SYARIAH A/N MOHD MUKTI SYAHALI NO.REK= 1004365662 ATAU WESTERN UNION ATAU KLIK IKLAN DIBAWAH INI ATAU IKUT JOIN&BERGABUNG DI http://www.kingalimasterkaya.tk KARENA ANDA AKAN DAPAT WEBSITE GRATIS&PULUHAN E-BOOK&SOFTWARE&HAK USAHA&KOMISI 100%,BUKAN MLM,YG TUJUANNYA DAPAT MEMBAWA BAROKAH ILMU&HARTA&TAHTA UNTUK ANDA

MAU MAEN GAME ONLINE GRATIS KLIK DIGAMBAR

TOKO ONLINE

..:: ICT WATCH KING ALI BABA ::.. " KASIH DAN SAYANG SECERAH CAHAYA,Andai hati sebening kaca, pastilah jiwa tiada ternoda.....andai sikap selembut sutra,santun kata tiada terluka.....,andai mulut berkata mulia, tiada hati yg terluka... namun tiada yg sempurna.... Minal Aidin Wal faizin. mohon maaf lahir & batin.... SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN & SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI SEMOGA KEMBALI KE FITRAH,AMIN!

OFFICIAL PARTNER TIKET.COM

Saturday, August 27, 2011

10 Cara Agar Bebas Dari Problem Pencernaan

10 Cara Agar Bebas Dari Problem Pencernaan

Perut kembung, sembelit atau mulas, merupakan jenis permasalahan pencernaan yang hampir semua orang pernah merasakannya. Mungkin terlihat sepele, tapi jika sering mengalami tentunya dapat menghambat Anda aktivitas atau bahkan membahayakan kesehatan.

Penting artinya bagi Anda mengenali permasalahan pencernaan yang sering terjadi dan melakukan hal-hal yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Dengan begitu, Anda dapat memiliki sistem pencernaan yang baik, sehingga hidup menjadi lebih sehat.

Berikut ini adalah problem pencernaan yang sering muncul :

• Bersendawa :
Hal ini disebabkan oleh udara yang masuk ketika makan atau minum dengan cepat, permen karet, memakan permen keras, dan meminum minuman berkarbonasi. Untuk mencegah agar tidak bersendawa, makan dan minumlah secara perlahan dan santai. Hindari mengunyah permen karet untuk jangka panjang, minuman bersoda, dan permen keras.

• Kembung :
Mengkonsumsi kembang kol, kubis, brokoli, kacang panjang, dan minuman berkarbonasi dapat menyebabkan terjadinya perut kembung atau ketidaknyamanan perut. Cobalah berjalan selama 5 hingga 10 menit dan tidak berbaring/ tidur setelah makan untuk membantu meringankan masalah ini. Mengurangi asupan garam juga dapat membantu masalah ini.

• Gas dalam perut :
Gas terbentuk dalam usus karena adanya aksi dari bakteri yang kemudian keluar dari dubur. Keluarnya gas sebanyak 10 sampai 15 dalam sehari masih dianggap normal. Pembentukan gas dalam perut dapat terjadi karena terlalu banyak serat dalam diet serta mengkonsumsi beberapa makanan, seperti hasil olahan dari susu, brokoli, kol, dan kembang kol.

• Mulas :
Mulas atau refluks asam disebabkan karena asam lambung tumpah ke esofagus (kerongkongan/ pipa makanan) dan mengiritasi lapisan yang tak terlindungi dari esofagus. Kondisi ini (mulas) biasanya terjadi setelah mengkonsumsi makanan pedas, makanan goreng, dan makanan cepat saji. Berbaring segera setelah makan, dehidrasi, merokok, dan meminum alkohol juga berkontribusi untuk memicu timbulnya rasa mulas.

Ada beberapa cara untuk mencegah timbulnya rasa mulas, seperti mengurangi konsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar asam dalam perut (seperti tembakau, coklat, kopi, minuman berkafein, tomat, makanan yang digoreng, dan makanan berlemak), tidur dengan posisi memiringkan badan ke sebelah kiri, mengangkat (meninggikan) kepala di tempat tidur, dll.

• Sembelit :
Ini menunjukkan suatu kondisi dimana pengeluaran feses atau tinja jarang terjadi (kurang dari tiga kali dalam seminggu), sehingga menyebabkan tinja menjadi keras, kecil, dan sulit untuk dikeluarkan. Hal ini dapat disebabkan karena kurangnya serat atau cairan dalam makanan atau karena kondisi medis atau sebagai efek samping dari obat atau akibat dari akumulasi stres fisik dan mental.

Tips untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

1. Makanlah dengan perlahan :
Makanlah dengan perlahan dan kunyah makanan dengan baik. Jangan telan makanan dengan terburu-buru.

2. Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi :
Tambahkan serat yang cukup pada makanan Anda. Termasuk diantaranya, gandum, kacang dan sayuran seperti, buncis, paprika, wortel, dan buah-buahan dengan kulitnya (sebisa mungkin). Konsumsilah serat dengan jumlah minimal, 25 hingga 30 gram perhari, agar menjauhkan Anda dari sembelit, penambahan berat badan, diabetes, dan masalah jantung.

3. Kurangi konsumsi daging :
Dengan tidak terlalu banyak memakan daging, juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

4. Cukupi kebutuhan cairan :
Penuhi kebutuhan cairan tubuh dalam bentuk air, jus, dan sup. Cairan terbukti efektif dalam mengatasi masalah sembelit di samping berguna meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

5. Berjalan sebentar setelah makan :
Hindari berbaring segera setelah makan, dan jika mungkin berjalan lah sebentar selama 10 menit. Hal ini akan membantu makanan dicerna lebih baik selain untuk menghindari beberapa masalah pencernaan seperti, kembung, makanan sulit dicerna, perut bergas, dan mulas.

6. Konsumsi makanan probiotik :
Makanan probiotik sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Penelitian menunjukkan bahwa makanan probiotik seperti dadih (susu yang digunakan untuk membuat keju), idli, dan yogurt mungkin dapat membantu ketika Anda sedang terkena diare, sindrom iritasi usus (IBS) dan penyakit radang usus (IBD). Namun para peneliti masih bekerja untuk menentukan dampak organisme probiotik tertentu pada kondisi kesehatan tertentu.

7. Hindari stres :
Stres dapat memperburuk masalah-masalah pencernaan seperti maag, wasir, dan sindrom iritasi usus. Kegiatan fisik, seperti meditasi dan yoga dapat membantu menenangkan saraf, sehingga dapat membantu meringankan masalah pencernaan tersebut.

8. Hindari merokok dan minuman keras/alkohol :
Dengan menghindari merokok dan minum minuman keras selama terkena permasalahan pencernaan, dapat mempercepat penyembuhan.

9. Kurangi asupan garam, gula dan tepung terigu :
Hindari 3 bahan makanan "putih" ini, garam, sugar, dan tepung terigu, sebanyak mungkin. Karena, bahan-bahan ini adalah penyebab dasar dari banyak maslah pencernaan.

10. Bersihkan sayuran secara menyeluruh sebelum dimasak atau dimakan:
Membersihkan sayuran dan buah-buahan secara menyeluruh sebelum dimakan serta menjaga kebersihan dapur dapat menjaga Anda untuk tetap jauh dari bakteri - yang mempuyai efek langsung pada perut.

No comments:

Blogroll

Adeshendra | Adieska | Alex | Andaka | Andrisaick19 | Angga | Arema | Arhan | Ariwolu | Artha | Audy | Badoer | Blog.Zalukhu.biz | Blogger Sumut | Blogguebo | Bocah Iseng | Chodirin | Cosaaranda | Curhat Bebas | DanielGM | Danu | Dhinata | Dobelden | Ekonurhuda | Enggar | Fajarqimi | Fenny | Ferry | Firanza | Gloria | Gnupi | Hakimtea | Harianus Zebua | Heddy | HendraDP | Iam | Ick | Ika Koolsonic | Iklan Baris Gratis | Indo Trans | Ipanks | Izandi | Janey | Jimmysun | Kipas | Lspart | Malapu | Manggis | Manggoaddict | Manik | Marlop | Mascayo | Masenchipz | Mujizas | MyMoen | Nich | Novee | Nugraha | Nurfajri | Nuqiah | O-om | Okta Sihotang | Otak Kabel | Putra Eka | Pencuri Kode | Persikers | Realy Life | Rebecka | Rhasputin | Ridho | Ronggo | Rubenmanik | Rudyahud | Starwrite | Sumintar | Supermance | Tetetzet | The Gands | Tipis | Tony Jauhari | Windra | Yopan | Yudiworld | Zalukhu.Biz | Zona Merah | A-Ri | Budi Herprasetyo | Imoe | RudyTarigan | Blogywalkie | Ilhamcool | Ana SMS | Nurwita | Kang Nawar | Ndeso | Sudarma | Wibi | Detailzsoft | Alibaba | Manan Tarigan | Thom | Septian | -sLiKeRs- | Qisthon | ugiQ | Hangga Nuarta | Anak Nias | BlognyaOpa | IndoContest | Alam Pintar | AngIn | Sahabat Bumi | Deta Desvi | Kopitozie | Famdy | Indungg | Atokaja | Narmadi | Rozy | Fuadidaud | Kodil | M4s73r | NickoHadi | kibayusejati | FajarSeraya

Bagi yang ingin tukaran link di blogroll silahkan bilang aja yah... tapi maaf blogrollnya nofollow dan nama yang dicantumin adalah nama pemilik blog bukan frase berbau iklan (kecuali yang berbayar MATRE MODE ON hehehe)

Copyright Februari 2007 © ALIBABA Powered by BLOGSPOT
Theme: GREEN Ver. 2 by Cara bikin,Game hp,Download Thema Komputer,Seo Blog,Tutorial,penghasilan blog,Transformers,tema,hp,komputer,mp3,game java inspired by AL-QURAN,HADIST,JIBRIL,ALIBABA NETWORK,PESANTREN DIGITAL RAJAWALI TAUHID
Sponsored by BLOGSPOT