Friday, April 02, 2010

PT. KA (Persero) Perluas Jaringan Pelayanan Ticketing

PT. KA (Persero) Perluas Jaringan Pelayanan Ticketing

PT KA (Persero) kembali memperluas jaringan pelayanan ticketing bagi para pengguna jasa kereta api. Hal inidilakukan sebagai wujud kepedulian PT KA terhadap tuntutan akan peningkatan pelayanan dan kemudahan akse, salah satunya dengan kemudahan dalam memperoleh tiket KA bagi para pengguna jasa kereta api pada kelas bisnis dan eksekutif.

PT KA (Persero) kembali memperluas jaringan pelayanan ticketing bagi para pengguna jasa kereta api. Hal inidilakukan sebagai wujud kepedulian PT KA terhadap tuntutan akan peningkatan pelayanan dan kemudahan akse, salah satunya dengan kemudahan dalam memperoleh tiket KA bagi para pengguna jasa kereta api pada kelas bisnis dan eksekutif.

Untuk mewujudkan harapan dan keinginan para pengguna jasanya, dalam hal kemudahan reservasi dan pembayaran tiket PT KA (Persero) menggandeng Bank BII, BRI dan PT Pos Indonesia setelah sebelumnya melakukan kerjasama dengan Bank Mandiri, dan akan segera menyusul bekerjasama dengan PT. Gracia Reservasi Indonesia (GRI).

Sebagai salah satu BUMN yang bergerak di bidang jasa transportasi, tentunya ada suatu misi pelayanan terhadap masyarakat yang dibebankan pemerintah pada PT KA.

Campur tangan yang dilakukan pemerintah dalam kaitannya sebagai pemilik BUMN antara lain dengan menentukan aturan berkaitan dengan tarif tiket kereta api, apalagi kereta api diklaim sebagai angkutan masyarakat sehingga pemerintah juga ingin menunjukan kepeduliannya dalam mengedepankan pelayanan pada penumpang dan pengguna jasa kereta api seperti yang ditunjukan dengan pengaturan tiket dalam UU No. 23 tahun 2007 pasal 132, 134, 135, 136.

Dalam sambutannya, Dirut PT KA ronny Wahyudi yang disampaikan oleh Dirop PT KA Soedarmo Ramadhan pada acara peresmian Launching Online Reservation and Payment Ticketing System dengan sistem “Host to Host” di Grand Ballroom Hotel Papandayan Bandung Rabu (17/12), disampaikan bahwa “Dalam upaya memberikan peningkatan pelayanan yang prima kepada pengguna jasa angkutan kereta api, khususnya penyebaran titik pembelian tiket, maka PT KA terus melakukan inovasi menggunakan perkembangan teknologikomunikasi data yang sudah sedemikian maju.”

Kerjasama kali ini yang dilakukan dengan PT Flash Mobile selaku penyedia jasa dan jaringan multimedia serta telah mempunyai kerjasama dengan PT Pos Indonesia dengan bersama-sama memberdayakan loket-loket milik PT Pos Indonesia untuk melakukan jasa layanan berbagai transaksi (pembayaran) di seluruh Indonesia.

Dengan jaringan yang mencapai 3.100 jaringan online system kantor pos di seluruh Indonesia dan untuk tahap awal di wilayah Jawa dilayani oleh sebanyak 2.152 titik online yang meliputi 640 kantor pos di Jabodetabek, 497 kantor pos di Jawa Barat, 582 kantor pos diJawa Tengah dan DIY, serta 433 kantor pos di Jawa Timur, tentunya akan memberikan kemudahan bagi pengguna jasa Kereta Api yang tempat tinggalnya jauh dari lokasi stasiun pemberangkatan.

Saat ini PT KA telah melakukan sejumlah terobosan untuk melayani pengguna jasa dalam melakukan transaksi pembelian tiket melalui sejumlah tempat seperti :

1. Penjualan di loket PT KA
2. Penjualan melalui agen
3. Penjualan melalui ATM Bank (Mandiri, BII, BRI)
4. Penjualan melalui Loket PT Pos

Sejumlah inovasi tersebut tentunya diharap akan mampu memberikan kontribusi bagi peningkatan okupansi penumpang KA. Mekanisme dalam pembelian tiket baik melalui ATM maupun loket PT Pos tentunya dibuat semudah mungkin bagi para konsumen. Namun tentunya dalam pembelian di luar loket KA akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 7500 bagi transaksi yang dilakukan baik di ATM maupun di PT. Pos tiap kali transasi dan transaksi tersebut dilakukan untuk pemesanan hingga 4 seat pada KA yang sama

Dengan menghubungi Call Center 13897 (melalui HP GSM) atau 021-2350 7000, konsumen atau calon pengguna jasa KA akan bisa melakukan pemesanan tiket dan selanjutnya melakukan pembayaran di ATM tedekat, Call Center ini juga bisa digunakan untuk menanyakan jadwal perjalanan KA. Secara detail prosedur pemesanan tiket dapat dilihat di :

Perjanjian kerjasama dengan sejumlah mitra yang diharapkan bukan hanya akan meningkatkan pendapatan namun lebih jauh juga dapat menjadikan PT KA sebagai pemimpin dalam bisnis jasa transportasi, khususnya di jalan baja dan sekaligus mempersiapkan diri dalam menghadapi persaingan yang hadir melalui keterbukaan yang diisyaratkan oleh UU No.23 tahun 2007.

Courtesy of PT. KAI

SUMBER : RESERVASI ONLINE

No comments:

Post a Comment