Saturday, July 11, 2009

Seth Godin: Tribes






Kali ini kita coba rasakan another Seth Godin book. Tribes adalah buku terbaru dari Seth Godin, yang diterbitkan beberapa waktu yang lalu. Kini buku versi terjemahannya telah bisa didapatkan di toko buku kesayangan Anda, dengan harga yang lebih bersahabat daripada versi impor.
Jadi apa sebenarnya Tribes ini, dan mengapa Seth Godin menulisnya?
Tribes adalah sekelompok orang yang terhubung satu sama lain, terhubung dengan seorang pemimpin dan terhubung pada sebuah ide. Tribes ada di mana-mana. Dulunya hanya terbatas dan dibatasi oleh lokasi, namun Tribes hari ini tak lagi mempunyai batasan karena adanya internet. Seth Godin, adalah pemimpin Tribe. Saya, dan beberapa dari Anda adalah anggotanya. Obama adalah pemimpin Tribe juga. Hanya dalam waktu singkat (28 hari) Obama berhasil mengumpulkan $50 juta dolar lewat media sosial (Twitter, blog, etc). Masih ada banyak contoh Tribe lain, misalnya yang dipimpin oleh Joel Spolsky, Linus Torvalds, Richard Stallman, dan lain lain.
Kenapa Tribe menjadi penting?
Tribe dibentuk dari sekelompok orang yang kemudian ditransformasi lewat minat yang sama serta cara tertentu dalam berkomunikasi. Tribe menjadi penting karena kumpulan minat yang sama adalah kekuatan utama dari perubahan. Tribe mengumpulkan kumpulan minat dan mengarahkannya lewat bantuan seorang pemimpin dan kemudian membuat terobosan. Proklamasi 17 Agustus, runtuhnya tembok Berlin, dan berbagai peristiwa penting lain tak bisa dilepaskan dari jasa Tribe. Apakah Anda sedang memegang produk Apple? Anda mungkin anggota Tribe Jonathan Ive dengan kepala suku Steve Jobs. Dan rasanya saya tak perlu memberitahu Anda “Why Apple matters?”
Tribes penting karena hanya dengan Tribes Anda bisa melakukan perubahan. Kira-kira apakah ide mengalahkan perusahaan telekomunikasi besar di dunia itu Anda anggap gila? Tidak masuk akal alias impossible? Anda pernah pakai Skype? Menurut Anda, apakah Skype belum mengalahkan perusahaan telekomunikasi besar di dunia?
How to build a Tribe?
Setelah kita menyadari betapa powerful-nya sebuah tribe, tentunya kita ingin juga memiliki ataupun menjadi bagian darinya. Yang pertama, kita harus memulai dari gagasan. Dalam buku Tribes, Seth Godin memberikan contoh tentang konsep micro financing yang dipopulerkan oleh Muhammad Yunus – penerima nobel. Konsepnya sendiri ternyata sudah lama diketahui orang, seperti yang diterangkan juga oleh Muhammad Yunus. Tapi kenapa baru-baru ini saja micro financing ini punya greget? Sepertinya kembali ke petuah “Lead by example”. Gagasan hanya akan tetap menjadi gagasan sampai seseorang berani maju dan membuat orang lain mengikutinya. Sama dengan “Global Warming” yang dibawa Al Gore.
Setelah minat dan gagasan telah dipilih, “sisanya” tinggal cara berkomunikasi ke anggota tribe. Bentuk komunikasi yang terjadi dalam tribe sendiri ada 4 arah, yaitu:pemimpin pada tribe, tribe kepada pemimpin, anggota tribe pada anggota tribe dan tribe pada dunia luar. Dari sini Seth Godin merinci, bahwa pemimpin tribe punya 3 cara berkomunikasi dalam rangka meningkatkan efektifitas tribe dan anggotanya:
1. Mentransformasikan minat dan gagasan menjadi sebuah target dan keinginan kuat akan perubahan
2. Menyediakan sarana untuk mempermudah komunikasi antar anggota
3. Membuat pencapaian yang memungkin tribe untuk berkembang dan memperoleh anggota baru.
Bagaimana detil poin-poin di atas? Oww, mari kita baca saja sama-sama bukunya.

No comments:

Post a Comment